Dalam Agenda Capacity building yang diperuntukkan kepada seluruh pegawai PKP2A IV LAN kali ini membahas tentang bagaimana merencanakan pelaksanaan diklat yang baik dan terstruktur. Pembekalan tersebut diberikan oleh Bapak Waldi Ishaq Siregar, SE, MM selaku Widyaiswara PKP2A IV LAN. Instrument-instrument pendukung diklat menjadi hal utama yang perlu diketahui oleh pelaksana. Dengan demikian perencanaan diklat dapat disusun sesuai dengan kebutuhannya. Hal inilah yang menjadikan pelaksanaan diklat berjalan dengan baik.
Perencanaan harus dilakukan di awal tahun untuk periode satu tahun mendatang. Jika kita gagal membuat suatu perencanaan yang baik maka kita sedang merencanakan kegagalan. Kegagalan eksekusi biasanya dimulai dari kegagalan membuat perencanaan.
Tujuan perencanaan diklat adalah tercapainya tujuan organisasi dengan lebih baik atau terjaminnya pencapaian hasil yang diharapkan. Disamping itu, fungsi perencanaan melibatkan sarana pemberian tugas kepada pelaksana, pedoman kerja atau pegangan, batas tanggung jawab, sarana pengawasan pelaksanaan tugas secara berjenjang mulai dari manager operasional sampai dengan pucuk pimpinan, dan yang terakhir adalah sarana pengawasan mutu hasil kerja.
Perencanaan diklat adalah proses penentuan tujuan diklat dan penentuan strategi, kebijakan, prosedur, metode, system, anggaran untuk mencapai tujuan tersebut. Dalam mengelola diklat harus mampu melaksanakan empat komponen yang sangat mendasar yaitu;
- Hal apa saja yang harus dilatih (what to train);
- Bagaimana cara melatihnya (how to train);
- Pelaksanaan latihan (training);
- Pemeriksa latihan (check training).
Dalam melakukan analisis kebutuhan individu akan pelatihan, pemimpin perlu menilai faktor-faktor apa yang mendorong perlunya suatu program pelatihan. Umpan balik dari hasil penilaian kinerja merupakan salah satu sumber informasi internal tentang apakah pelatihan bagi individu atau kelompok tertentu diperlukan saat ini.
Pada akhirnya, tujuan perencanaan diklat adalah memperkecil kesenjangan antara kondisi hasil pekerjaan saat ini dengan hasil pekerjaan yang diinginkan. Kesenjangan tersebut dapat berkaitan hasil kerja, pengetahuan, ketrampilan, atau sikap dan tingkah laku.