Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh bekerja sama dengan Puslatbang KHAN LAN RI melaksanakan Workshop Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik pada 10 Juli 2024. Wakil Dekan II Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof. Dr. Ahmad Syah, B.Ec., M.Ec., M.Sc., menyatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat memperbaiki kualitas pelayanan yang lebih dapat meningkatkan kecepatan, kemudahan, keterjangkauan, kenyamanan, dan keamanan pelayanan.
Heru Syahputra, S.E., M.A., yang mewakili Kapuslatbang KHAN dan sekaligus menjadi narasumber pada kesempatan itu, mengilustrasikan bagaimana upaya yang dilakukan di beberapa negara maju untuk senantiasa memberikan layanan terbaik kepada warganya. Sebagai penyedia layanan publik, kita harus mampu memanfaatkan teknologi informasi, khususnya produk-produk kecerdasan buatan (artificial intelligence), dalam pelayanan publik. Implikasinya, pemberi layanan hendaknya selalu belajar dan meningkatkan kompetensinya dalam penguasaan produk kecerdasan buatan dan mampu menerapkannya dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat.
Selanjutnya, Dr. Bujang Syaifar, M.Pd., juga menjelaskan bahwa saat ini akses informasi semakin terbuka luas dan masyarakat semakin baik tingkat pendidikannya, semakin cerdas, dan semakin sadar akan hak dan kewajibannya. Mereka tidak hanya mengharapkan kepuasan atas pelayanan yang diberikan, namun mampu memperoleh kebahagiaan atas layanan yang diperoleh. Peningkatan pelayanan publik merupakan outcome pelaksanaan reformasi birokrasi dengan standar pelayanan yang baik yang diharapkan dapat mendorong percepatan terwujudnya good governance untuk meningkatkan kualitas dan pemerataan pelayanan publik.