• Beranda
  • Tentang Kami
    • Visi dan Misi
    • Tugas dan Fungsi
    • Struktur Organisasi
    • Profil Kepala Puslatbang KHAN
    • Profil Kepala Bagian Umum
    • Jabatan Fungsional
      • Widyaiswara
      • Analis Kebijakan
      • Analis Pengelolaan Keuangan APBN
  • Substansi
    • Bagian Umum
      • Kelompok Substansi SDM dan Umum
      • Kelompok Substansi Perencanaan dan Keuangan
    • Kelompok Substansi Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi
      • Persyaratan Diklat
    • Kelompok Substansi Kajian Hukum Administrasi Negara
      • Jurnal Transformasi Administrasi
      • Buletin Akselerasi Kinerja
      • Knowledge Sharing
        • SPSS
        • Eviews
        • Shazam
        • E-Referensi
  • Informasi Publik
    • Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)
    • SNI ISO 9001:2015
    • JURNAL DWI MINGGUAN
    • LKIP
    • Rencana Strategis
    • Produk Kajian
    • Evaluasi Pasca Pelatihan
      • Tahun 2021-2022
    • Info Pengadaan
    • Standar Pelayanan
  • PPID
    • Dasar Hukum
    • Prosedur
    • DIP (Daftar Informasi Publik)
      • Informasi Wajib dan Berkala
      • Informasi Publik Tersedia Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Annual Report
    • Formulir
  • Kontak
  • FAQ
  • Beranda
  • Tentang Kami
    • Visi dan Misi
    • Tugas dan Fungsi
    • Struktur Organisasi
    • Profil Kepala Puslatbang KHAN
    • Profil Kepala Bagian Umum
    • Jabatan Fungsional
      • Widyaiswara
      • Analis Kebijakan
      • Analis Pengelolaan Keuangan APBN
  • Substansi
    • Bagian Umum
      • Kelompok Substansi SDM dan Umum
      • Kelompok Substansi Perencanaan dan Keuangan
    • Kelompok Substansi Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi
      • Persyaratan Diklat
    • Kelompok Substansi Kajian Hukum Administrasi Negara
      • Jurnal Transformasi Administrasi
      • Buletin Akselerasi Kinerja
      • Knowledge Sharing
        • SPSS
        • Eviews
        • Shazam
        • E-Referensi
  • Informasi Publik
    • Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)
    • SNI ISO 9001:2015
    • JURNAL DWI MINGGUAN
    • LKIP
    • Rencana Strategis
    • Produk Kajian
    • Evaluasi Pasca Pelatihan
      • Tahun 2021-2022
    • Info Pengadaan
    • Standar Pelayanan
  • PPID
    • Dasar Hukum
    • Prosedur
    • DIP (Daftar Informasi Publik)
      • Informasi Wajib dan Berkala
      • Informasi Publik Tersedia Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Annual Report
    • Formulir
  • Kontak
  • FAQ
  • Home
  • Berita
  • UTU Inspiring talk Kepala LAN RI “Mewujudkan Akselerasi Tata Kelola Pemerintah Dinamis di Era VUCA”

UTU Inspiring talk Kepala LAN RI “Mewujudkan Akselerasi Tata Kelola Pemerintah Dinamis di Era VUCA”

17 May 2023 Written by Puslatbang KHAN

Dalam kesempatan penanda tanganan MoU antara UTU dan LAN RI, Fakultas ISIP UTU melalui prodi ilmu administrasi negara menyelenggarakan kegiatan UTU inspiring talk pada selasa 16 Mei 2023 bertempat di Aula Utama Universitas Teuku Umar Meulaboh, Forum terbuka ini menghadirkan Kepala LAN RI Dr. Adi Suryanto, M.Si sebagai pembicara, turut juga mendampingi Plt. Kepala Puslatbang KHAN Said Fadhil, SIP,MM. Forum ini diselenggaran secara hybrid luring dan daring dan dihadiri oleh seluruh elemen civitas Akademika Universitas Teuku Umar secara langsung di Aula Utama UTU, serta bergabung secara daring para pemerhati ilmu administrasi negara, dosen ilmu administrasi negara dan mahasiswa ilmu administrasi negara dari beberapa daerah di Indonesia.

Dalam kesempatan istimewa itu Kepala LAN RI menjelaskan bahwa kita dihadapkan pada kondisi dimana terjadi perubahan skala besar (Volatility), kesulitan melakukan prediksi secara akurat (Uncertainty), kerumitan tantangan akibat berbagai faktor yang saling terkait (Complexity), dan ketidakjelasan suatu kejadian dengan mata rantai akibatnya (Ambiguity) itulah yang disebut dengan era VUCA, secara singkat kita simpulkan adalah Situasi lingkungan yang hadir serba tidak pasti, fluktuatif, kompleks, sulit diprediksi dan kebenaran realitas bersifat subjektif.

Adapun tantangan tata kelola pemerintah di era VUCA ini adalah bagaimana layanan layanan di sektor publik bisa bertransformasi dengan cara mempertahankan kepercayaan publik (people and government), menuju pelayanan digital (digital distruption), membangun kompetensi baru ASN dan organisasi yang lebih lincah (agile bureaucracy), konektivitas yang lebih meningkat, keterbukaan informasi (responsivitas).

kita sadari selama ini tata kelola pemerintahan selalu mencoba menyesuaikan dengan perkembangan zaman, itu merupakan sebuah keharusan. Bagaimana mungkin sistem lama bisa berlaku dikondisi sekarang dimana semuanya dituntut serba cepat, sehingga perlu infrastruktur yang mendukung tata kelola yang baik, karena tata kelola pemerintahan yang baik akan membentuk birokrat yang kompeten sehingga akan tercapai cita-cita pemerintah menuju birokrasi berkelas dunia.

Berita
Universitas Teuku Umar teken MoU dengan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia
Puslatbang KHAN lakukan Sosialisasi dan pembinaan kearsipan dalam rangka Pengelolaan Arsip Lebih Baik
E-Learning Pusdiklat Kepemimpinan

JTA Journal PKP2A IV LAN

JDIH LAN

Link Terkait

  • Kementerian Kesehatan
  • Kementerian Sekretariat Negara RI
  • Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi
  • Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
  • Kementerian Pemuda dan Olahraga
  • Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara
  • Kementerian Komunikasi dan Informatika
  • Kementerian Dalam Negeri
  • Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi
  • Kementerian Keuangan

Download

  • Kajian-Kedudukan-dan-Peran-Kecamatan-Dalam-UU-Nomor-11-Tahun-2006-tentang-Pemerintahan-Aceh-2011 (39 downloads)
  • Kajian-Efektivitas-Pelaksanaan-Jaminan-Kesehatan-Aceh-JKA-2011 (38 downloads)
  • [Prosiding Seminar Nasional] Reformasi Birokrasi Menuju Tata Kelola Pemerintahan yang Baik-2012 (33 downloads)
  • Kajian Organisasi dan Tata Kerja Kelembagaan Aceh-2012 (36 downloads)
  • Kajian Keseimbangan Pembangunan Aceh-2012 (31 downloads)
© 2010 - 2022 Puslatbang KHAN LAN. All rights reserved.