Forum sharing knowledge Bidang KKIAN PKP2A IV LAN Aceh membahas mengenai teknis menulis buku yang di sampaikan oleh Yasniva, S.Pd. Forum rutin mingguan ini di hadiri oleh semua staff bidang KKIAN dengan antusias.
Lebih kurang skitar 35 menit memaparkan apa dan bagaimana teknik-teknik menulis resensi buku, tentunya pembahasan ini sangat bermanfaat untuk tim kajian yang sehari-hari kinerjanya memang berkaitan dengan dunia menulis baik menulis artikel, kajian mandiri dll. Ataupun hasil (materi) yang di sampaikan pada forum itu adalah sebagai berikut:
Langkah Menyusun Resensi Buku
1. Persiapan
Mencatat Identitas Buku:
- Judul : Penulisan Buku Teks Pelajaran
- Pengarang : Prof. Dr. B.P. Sitepu, MA
- Penerbit : PT Remaja Rosdakarya
- Tempat Terbit: Bandung
- Tahun Terbit : 2012
- Cetakan : Pertama, Agustus 2012
- Ukuran : 16,5 x 24 cm
- Jumlah Halaman : vii, 188
- ISBN : 978-979-692-095-2
- Harga : Rp. 35.000,00
Mengumpulkan beberapa buku sejenis untuk dipergunakan sebagai bahan perbandingan melihat persamaan dan perbedaan gagasan yang disampaikan.
2. Membaca
Membaca buku secara cermat sehingga benar-benar memahami tidak hanya informasi yang tersurat tetapi juga yang tersirat. Dalam langkah kedua ini, penulis resensi perlu mengenal dengan baik penulis buku, mengetahui latar belakang pendidikan dan pekerjaannya, buku-buku yang pernah ditulisnya, serta tujuannya menulis buku itu.
3. Menganalisis
Analisis dilakukan dengan mencermati keunggulan dan kelemahan:
a. Isi buku dapat dikritisi dengan menggunakan pertanyaan berikut:
- Apakah tujuan penulisan buku itu jelas?
- Apakah pembaca sasaran buku itu jelas dan spesifik?
- Apakah tema buku menarik untuk pembaca sasaran?
- Sejauh mana isi buku itu diperlukan oleh pembaca sasaran?
- Apakah informasi yang disampaikan benar dan mutakhir?
- Apakah informasi dalam buku itu cukup lengkap untuk mencapai tujuan penulisan buku?
- Hal-hal apa yang baru dalam isi buku itu?
- Apa kelebihan isi buku itu dibandingkan dengan buku sejenis lainnya?
- Apa kekurangan isi buku itu dilihat dari tema dan tujuannya?
b. Penyajian Pesan
Berkaitan dengan penyajian isi buku, pertanyaan berikut dapat dijadikan rujukan.
- Apakah isi buku disajikan secara sistematis dan logis?
- Apakah terdapat keterkaitan antarbab?
- Apakah terdapat keterkaitan antarsub-bab dalam bab yang sama?
- Sejauh mana kesesuaian teknik (deskripsi, narasi, eksposisi, argumen, atau campuran) yang digunakan dalam menjabarkan tema?
- Apakah deskripsi yang dipergunakan cukup jelas dan masuk akal?
- Apakah narasi yang dipergunakan memberikan informasi tentang setiap peristiwa secara kronologis dan lengkap?
- Apakah penggunaan eksposisi dapat memberikan informasi atau fakta yang rinci, jelas, lengkap, dan objektif?
- Argumentasi yang dipergunakan didukung oleh data, fakta, dan alasan meyakinkan?
- Sejauh mana ilustrasi dalam buku memperjelas konsep/gagasan penulis buku?
- Sejauh mana latar belakang penulis buku mempengaruhi gaya penyajian isi buku?
- Apakah penyajian isi buku memotivasi pembaca untuk terus mempelajari isi buku?
- Apakah rujukan/kepustakaan yang dipergunakan mutakhir dan relevan?
c. Bahasa
- Apakah menggunakan kaidah bahasa yang baik dan benar, seperti kelengkapan unsur kalimat, penggunaan tanda baca dan ejaan?
- Apakah masing-masing paragraf memiliki gagasan pokok yang dijelaskan dengan sejumlah kalimat pendukung?
- Apakah pemilihan kata, panjang dan susunan kalimat sesuai dengan kemampuan
- membaca pembaca sasaran?
4. Mengevaluasi
Beberapa pertanyaan yang dapat digunakan:
- Sejauh mana tema buku itu menarik bagi pembaca sasaran?
- Sejauh mana penulis buku berhasil mencapai tujuannya dengan informasi dalam buku itu?
- Apa keunggulan dan kelemahan isi, penyajian, dan bahasa dalam buku itu?
- Apa rekomendasi penulis resensi terhadap buku itu?
Hasil evaluasi ini dapat dijadikan sebagai kesimpulan resensi.
5. Menulis
Sistematika naskah resensi:
- judul resensi
- data buku
- pendahuluan
- isi resensi
- Penutup
6. Menyunting
Secara umum dicermati:
- apakah deskripsi tentang isi buku yang diresensi cukup jelas?
- analisis yang dilakukan cukup lengkap dan tajam, dan penilaian yang dilakukan objektif dan meyakinkan?
- Bahasa yang digunakan dalam resensi biasanya padat, singkat, tidak berbelit-belit, menarik dan enak dibaca.
- Apakah isi tulisan disajikan secara sistematis, tajam, dan mudah dipahami.
- Resensi untuk dipublikasikan biasanya tidak menggunakan daftar pustaka, oleh karena itu data rujukan yang dipergunakan dalam tulisan hendaknya dicantumkan secara lengkap.
Penyajian Pesan
Agar buku dapat berfungsi efektif, efisien, dan menarik, penulis menyajikan pesan sesuai dengan karakteristik pesan, pembaca sasaran/penerima pesan, dan gaya khas penulisnya. Beberapa pertanyaan untuk mengkritisi isi buku:
- Apakah tujuan penulisan buku itu jelas?
- Apakah pembaca sasaran buku itu jelas dan spesifik?
- Apakah tema buku menarik untuk pembaca sasaran?
- Sejauh mana isi buku itu diperlukan oleh pembaca sasaran yang dimaksudkan?
- Apakah informasi yang disampaikan benar dan mutakhir?
- Apakah informasi dalam buku itu cukup lengkap untuk mencapai tujuan penulis buku?
- Hal-hal apa yang baru dalam isi buku itu?
- Apa kelebihan isi buku itu dibandingkan dengan buku sejenis lainnya?
- Apa kekurangan isi buku itu dilihat dari tema dan tujuannya?
Beberapa pertanyaan terkait penyajian isi buku
- Apakah isi buku disajikan secara sistematis dan logis?
- Apakah terdapat keterkaitan antarbab?
- Apakah terdapat keterkaitan antarsub-bab dalam bab yang sama?
- Sejauh mana kesesuaian teknik (deskripsi, narasi, eksposisi, argumen, atau campuran) yang digunakan dalam menjabarkan tema?
- Apakah deskripsi yang dipergunakan cukup jelas dan masuk akal?
- Apakah narasi yang dipergunakan memberikan informasi tentang setiap peristiwa secara kronologis dan lengkap?
- Apakah penggunaan eksposisi dapat memberikan informasi atau fakta yang rinci, jelas, lengkap, dan objektif?
- Apakah argumentasi yang dipergunakan didukung oleh data, fakta, dan alasan yang meyakinkan?
- Sejauh mana ilustrasi dalam buku memperjelas konsep/gagasan penulis buku?
- Sejauh mana terlihat latar belakang penulis buku mempengaruhi gaya penyajian isi buku?
- Apakah penyajian isi buku memotivasi pembaca untuk terus membaca atau mempelajari isi buku?
- Apakah rujukan/kepustakaan yang dipergunakan mutakhir dan relevan?
- Apakah dilengkapi dengan glosarium dan indeks? Sejauh mana glosarium atau indeks itu membantu pembaca untuk menggunakan buku itu?