• Beranda
  • Tentang Kami
    • Visi dan Misi
    • Tugas dan Fungsi
    • Struktur Organisasi
    • Profil Kepala Puslatbang KHAN
    • Profil Kepala Bagian Umum
    • Jabatan Fungsional
      • Widyaiswara
      • Analis Kebijakan
      • Analis Pengelolaan Keuangan APBN
  • Substansi
    • Bagian Umum
      • Kelompok Substansi SDM dan Umum
      • Kelompok Substansi Perencanaan dan Keuangan
    • Kelompok Substansi Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi
      • Persyaratan Diklat
    • Kelompok Substansi Kajian Hukum Administrasi Negara
      • Jurnal Transformasi Administrasi
      • Buletin Akselerasi Kinerja
      • Knowledge Sharing
        • SPSS
        • Eviews
        • Shazam
        • E-Referensi
  • Informasi Publik
    • Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)
    • SNI ISO 9001:2015
    • JURNAL DWI MINGGUAN
    • LKIP
    • Rencana Strategis
    • Produk Kajian
    • Evaluasi Pasca Pelatihan
      • Tahun 2021-2022
    • Info Pengadaan
    • Standar Pelayanan
  • PPID
    • Dasar Hukum
    • Prosedur
    • DIP (Daftar Informasi Publik)
      • Informasi Wajib dan Berkala
      • Informasi Publik Tersedia Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Annual Report
    • Formulir
  • Kontak
  • FAQ
  • Beranda
  • Tentang Kami
    • Visi dan Misi
    • Tugas dan Fungsi
    • Struktur Organisasi
    • Profil Kepala Puslatbang KHAN
    • Profil Kepala Bagian Umum
    • Jabatan Fungsional
      • Widyaiswara
      • Analis Kebijakan
      • Analis Pengelolaan Keuangan APBN
  • Substansi
    • Bagian Umum
      • Kelompok Substansi SDM dan Umum
      • Kelompok Substansi Perencanaan dan Keuangan
    • Kelompok Substansi Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi
      • Persyaratan Diklat
    • Kelompok Substansi Kajian Hukum Administrasi Negara
      • Jurnal Transformasi Administrasi
      • Buletin Akselerasi Kinerja
      • Knowledge Sharing
        • SPSS
        • Eviews
        • Shazam
        • E-Referensi
  • Informasi Publik
    • Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)
    • SNI ISO 9001:2015
    • JURNAL DWI MINGGUAN
    • LKIP
    • Rencana Strategis
    • Produk Kajian
    • Evaluasi Pasca Pelatihan
      • Tahun 2021-2022
    • Info Pengadaan
    • Standar Pelayanan
  • PPID
    • Dasar Hukum
    • Prosedur
    • DIP (Daftar Informasi Publik)
      • Informasi Wajib dan Berkala
      • Informasi Publik Tersedia Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Annual Report
    • Formulir
  • Kontak
  • FAQ
  • Home
  • Berita
  • LAN Raih Penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2019

LAN Raih Penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2019

22 July 2019 Written by Puslatbang KHAN

Semarang – Laboratorium Inovasi (Labinov) Lembaga Administrasi Negara menerima penghargaan sebagai Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Kementerian PAN RB di Gumaya Tower Hotel, Semarang, Kamis (18/7). Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Drs. Syafruddin kepada Kepala LAN, Dr. Adi Suryanto. M.Si. 
Laboratorium inovasi merupakan program pendampingan, asistensi dan fasilitasi guna mendorong dan menumbuhkembangkan kesadaran, semangat dan aksi nyata inovasi administrasi negara di sektor publik. Sejak Tahun 2015-2018, Laboratorium Inovasi yang dikembangkan oleh LAN telah menghasilkan 6.779 inovasi dari 67 lokus yang menyebar di seluruh Indonesia.
Labinov sendiri ditetapkan sebagai Top 99 setelah terpilih dari 3.156 proposal inovasi yang diajukan secara online melalui Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik (SINOVIK). Kemudian berhasil melewati tahap seleksi administrasi serta penilaian proposal dan dokumentasi inovasi, serta melewati tahapan presentasi dan wawancara di hadapan Tim Panel Independen untuk mencapai 45 inovasi terbaik. Tahap itu disusul dengan observasi lapangan sebagai bukti dari inovasi yang dipresentasikan.
Dalam sambutannya Menteri PAN RB Drs. Syafruddin menyatakan terobosan yang lahir dari Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2019 ini tidak hanya fokus pada penerapan sistem informasi, tetapi banyak juga bergerak dalam pemberdayaan masyarakat, mengakomodir kearifan lokal, serta kolaborasi dengan kaum muda atau milenial. “Orientasinya bukan lagi sekedar untuk menjembatani kehadiran program pemerintah, tetapi juga mengakomodir kebutuhan dan kecenderungan karakter, budaya, dan ‘DNA millenial’, yaitu pelayanan yang semakin cepat, mudah, mudah, aksessibilitas tinggi,” tambahnya.
Sementara itu Kepala LAN RI, Dr. Adi Suryanto, M.Si mengatakan inovasi yang paling baik adalah inovasi yang bermanfaat untuk masyarakat, bukan inovasi untuk untuk diri sendiri atau kepentingan golongan saja. “Sekecil apapun inovasi yang dilakukan, tapi masyarakat bisa langsung merasakan manfaatnya, itulah inovasi yang terbaik”. Menurut Kepala LAN nantinya masuk atau tidaknya Laboratorium Inovasi ke tahap selanjutnya (Top 45), Labinov akan terus berjalan, terus membantu melahirkan inovasi-inovasi lainnya. “Kami menciptakan Laboratorium Inovasi didasari niat yang kuat untuk berkontribusi bagi terciptanya inovasi-inovasi baru.”
Pada kesempatan yang sama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dalam sambutannya sebagai tuan rumah dan juga penyaji inovasi pelayanan publik terbanyak dalam kompetisi ini, mengapresiasi Diklat Kepemimpinan yang diselenggarakan oleh LAN. Menurutnya, dengan adanya proyek perubahan yang harus dilaksanakan peserta diklat, membuat gairah jajaran birokrasi untuk berpikir inovatif dan berani melakukan tindakan-tindakan perubahan. 
Turut hadir dalam kesempatan tersebut Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, Direktur Utama Taspen Iqbal Lantaro, Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris, Wakapolda Jatim Brigjen Pol Toni Harmanto, serta para penerima penghargaan inovasi pelayanan public dari berbagai instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah. (humas LAN Klik Disini)

Berita
Menteri PAN RB: Pelatihan Kepemimpinan Nasional Program Penting Dalam Membangun Kepemimpinan Bangsa
Puslatbang KHAN Menjadi Fasilitator Dalam Penyusunan Evaluasi Jabatan Kabupaten Aceh Tamiang
E-Learning Pusdiklat Kepemimpinan

JTA Journal PKP2A IV LAN

JDIH LAN

Link Terkait

  • Kementerian Kesehatan
  • Kementerian Sekretariat Negara RI
  • Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi
  • Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
  • Kementerian Pemuda dan Olahraga
  • Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara
  • Kementerian Komunikasi dan Informatika
  • Kementerian Dalam Negeri
  • Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi
  • Kementerian Keuangan

Download

  • Kajian-Kedudukan-dan-Peran-Kecamatan-Dalam-UU-Nomor-11-Tahun-2006-tentang-Pemerintahan-Aceh-2011 (39 downloads)
  • Kajian-Efektivitas-Pelaksanaan-Jaminan-Kesehatan-Aceh-JKA-2011 (38 downloads)
  • [Prosiding Seminar Nasional] Reformasi Birokrasi Menuju Tata Kelola Pemerintahan yang Baik-2012 (33 downloads)
  • Kajian Organisasi dan Tata Kerja Kelembagaan Aceh-2012 (36 downloads)
  • Kajian Keseimbangan Pembangunan Aceh-2012 (31 downloads)
© 2010 - 2022 Puslatbang KHAN LAN. All rights reserved.