Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur IV Lembaga Administrasi Negara

Sejarah

Kantor PKP2A IV LAN

Kantor PKP2A IV LAN

Pendirian PKP2A IV LAN – Aceh didasarkan pada kebutuhan daerah khususnya Pemerintah Aceh untuk melakukan penguatan sumber daya aparatur dan administrasi pemerintahan di daerahnya, maksud tersebut terjalin melalui komunikasi yang intensive pada waktu penunjukan PKP2A III LAN Samarinda menjadi salah satu Liason Officer (Pendamping) tamu VVIP untuk kontingen Aceh (Gubernur, Ketua DPRA dan Ketua KONI) pada acara Pekan Olahraga Nasional (PON) XVII di Samarinda, Kalimantan Timur (6 s/d 17 Juli 2008), dimana selama kegiatan tersebut berlangsung, telah terbangun komunikasi yang cukup baik antara Pemerintah Aceh (Gubernur dan Ketua DPRA) dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) melalui PKP2A III LAN Samarinda yang diwakili oleh Kepala PKP2A III (Meiliana) beserta Kabag Tata Usaha (Syahrial) dan Staf (Said Fadhil) baik yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi LAN serta perkembangan kondisi pemerintahan di Aceh pasca tsunami dan perdamaian Aceh melalui MoU Helsinky.

Gubernur Aceh (Irwandi Yusuf) secara resmi menyampaikan maksud pendirian kantor LAN di Aceh melalui surat Gubernur kepada Kepala  LAN (Sunarno) No. 061/28378 tertanggal 28 Juli 2008 perihal Pendirian Kantor LAN di Provinsi Aceh. Sebagai tindak lanjut dari surat Gubernur tersebut, Kepala LAN menyambut positif atas niat baik dari Gubernur Aceh melalui surat No. 772/X/5/9/2008 tanggal 8 Agustus 2008 Perihal Pendirian Kantor LAN di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Gagasan Gubernur Aceh dan pimpinan LAN juga mendapat dukungan positif dari Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (Sayed Fuad Zakaria) yang diwujudkan melalui suratnya Nomor 061/4.789 tertanggal 18 September 2008 perihal Dukungan Pendirian Kantor LAN di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Menindaklanjuti surat tersebut, Kepala LAN menugaskan tim dari LAN dan PKP2A III Samarinda pada tanggal 11 September 2008 yang terdiri dari Sekretaris Utama LAN (Panani), Kepala Biro Umum (Edy Kusponco Wibowo), Kepala Bagian Hukum dan Organisasi (Bambang Giyanto), serta Kepala PKP2A III LAN (Meilina) dan staf (Said Fadhil) untuk membicarakan lebih lanjut terhadap rencana pendirian kantor LAN di Aceh dan sekaligus melakukan peninjauan ke lokasi yang akan dijadikan kantor sementara.

Sebagai tindak lanjut kunjungan Tim dari LAN ke Aceh dan adanya ikatan komitmen dan keinginan baik dari kedua belah pihak, Kepala LAN mengusulkan adanya penandatanganan piagam kerjasama antara Pemerintah Aceh dengan LAN melalui surat Nomor : 137/Kep/X/2008 tanggal 15 Oktober 2008 Perihal Piagam Kerjasama, Keinginan LAN tersebut disambut baik oleh Gubernur Aceh melalui surat Nomor 061/40355 tanggal 23 Oktober 2008 Perihal Piagam Kerjasama. Selanjutnya sesuai kesepakatan, dibuat piagam kerjasama antara Pemerintah Aceh dengan LAN Nomor : 30 PKS/2008 dan Nomor: 1091/XIII/7/4/2008 tertanggal 1 Desember 2008 tentang Pengembangan Kapasitas Sumberdaya Aparatur dan Administrasi Pemerintahan di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Sejak adanya MOU tersebut, LAN terus mempersiapkan kelembagaan PKP2A IV LAN di Aceh yang diwujudkan dengan Surat Kepala LAN kepada Menpan Nomor : 07/KEP/I/2009 tertanggal 12 Januari 2009 perihal Usul Perubahan dan Pendirian Kantor Regional LAN di Daerah. Menindaklanjuti surat Kepala LAN tersebut, pihak Kementerian Negara PAN menyetujui pembentukan PKP2A IV di Banda Aceh dengan pertimbangan dalam rangka mendekatkan dan meningkatkan peran LAN serta untuk mendukung akselerasi peningkatan SDM aparatur di Aceh melalui surat yang ditujukan kepada Kepala LAN Nomor : B/2496/M.PAN/2009 tanggal 31 Juli 2009. Sejalan dengan itu LAN mengeluarkan Peraturan Kepala LAN Nomor 2 Tahun 2009 tentang Perubahan Atas Keputusan Kepala LAN No. 4 Tahun 2004 Tentang Organisasi dan Tata Kerja LAN sebagaimana telah dua kali diubah terakhir dengan Peraturan Kepala LAN Nomor 4 Tahun 2008.

Guna mempersiapkan operasional kantor PKP2A IV, Kepala LAN membentuk Tim Persiapan Pembentukan Kantor PKP2A IV LAN di Banda Aceh melalui SK Kepala LAN No. 795/IX/6/8/2009. Selanjutnya masing-masing anggota Tim melakukan persiapan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing. Bagian Hukum dan Organisasi menyiapkan kelembagaan PKP2A IV LAN, Bagian Rumah Tangga dan Perlengkapan menyiapkan dan melakukan inventarisasi sarana prasarana beserta estimasi anggaran, Bagian Kepegawaian menyusun formasi kebutuhan pegawai. Bagian Perencanaan mempersiapkan DIPA T.A 2010. Selanjutnya pada tanggal 18-19 Agustus 2009 Tim LAN tersebut melakukan kunjungan ke Banda Aceh untuk melakukan rapat koordinasi membahas dukungan awal sarana prasarana serta SDM dari Pemerintah Aceh terhadap kantor PKP2A IV LAN.

Pemerintah Aceh melalui Sekretaris Daerah Aceh (Husni Bahri TOB) menyampaikan usulan dan perbantuan serta penempatan PNS pada PKP2A IV  LAN, sedangkan persiapan SDM yang dilakukan pihak LAN adalah melalui proses seleksi CPNS. Sementara itu, dukungan terhadap sarana prasarana kantor PKP2A IV LAN oleh Pemerintah Aceh dibahas dan disepakati dalam rapat koordinasi pada tanggal 3 Nopember 2009 di Banda Aceh. Kesepakatan tersebut kemudian dituangkan dalam Surat Perjanjian antara Pemerintah Aceh dengan LAN Nomor : 41/PKS/2009 dan Nomor : 1126/IX/3/3/2009 tanggal 20 Nopember 2009 tentang Pinjam Pakai Barang Milik Pemerintah Aceh Berupa Tanah dan Bangunan Gedung Jalan T. Panglima Nyak Makam, Banda Aceh.

Setelah dukungan awal sarana dan prasarana serta SDM terpenuhi, maka pada tanggal 11 Januari 2010 dilakukan acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pejabat Struktural di lingkungan PKP2A IV LAN oleh Kepala LAN (Asmawi Rewansyah), Pejabat Struktural yang dilantik adalah : Drs. Dermawan, MM selaku Kepala PKP2A IV LAN; Drs. Syahrial selaku Kepala Bagian Tata Usaha; Ir. Faizal Adriansyah, M.Si selaku Kepala Bidang Kajian Aparatur; Sait Abdullah, S.Sos, M. Admin, Pol selaku Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan Aparatur serta tiga orang Kepala Subbagian yaitu Said Fadhil, S.IP selaku Kepala Subbagian Perencanaan dan Pelaporan; Dra. Dian Susianti, M.Si selaku Kepala Subbagian Kepegawaian dan Umum; serta Nurhadi,SE, Ak selaku Kepala Subbagian Keuangan.

Keesokan harinya, Selasa 12 Januari 2010 diadakan Peresmian Gedung Kantor PKP2A IV LAN bertempat di Aula Kantor Gubernur Aceh yang dihadiri oleh SesmenPAN dan RB (Tasdik Kinanto), Gubernur Aceh (Irwandi Yusuf), Wakil Gubernur Aceh (M. Nazar), Sekda Aceh (Husni Bahri TOB), Kepala LAN (Asmawi Rewansyah) serta pejabat lainnya. Dalam acara tersebut dilanjutkan dengan penandatanganan Prasasti sebagai simbol bahwa Kantor PKP2A IV LAN resmi berdiri. Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Menteri PAN-RB yang diwakili oleh Sesmenpan-RB, Gubernur Aceh dan Kepala LAN.

Seusai penandatanganan prasasti, dilanjutkan dengan acara seminar tentang Reformasi Birokrasi yang menghadirkan narasumber dari Kementrian Dalam Negeri Kepala Bagian Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Dalam Negeri (Tarmizi A. Karim) dan Wakil Ketua DPR RI (Taufik Efendi) serta Kepala LAN.

Selanjutnya Gubernur Aceh, SesmenPAN dan RB, Kepala LAN, Sestama LAN serta pejabat lainnya melakukan peninjauan ke gedung PKP2A IV LAN yang terletak di Jl. T. Panglima Nyak Makam No. 12 Banda Aceh yang merupakan gedung eks Dinas Perindagkop Aceh yang dipinjampakaikan kepada LAN. Dengan dilantiknya para pejabat struktural dan peresmian gedung kantor PKP2A IV LAN menandai dimulainya kiprah PKP2A IV LAN. Di akhir tahun 2014 PKP2A IV LAN menempati gedung baru yang beralamat di Jl. Dr. Mr. Teuku Muhammad Hasan, Kec. Darul Imarah Aceh Besar, tepat di belakang kantor Kejaksaan Tinggi Aceh.